Orang-orang Sukses yang Dahulunya Manusia Gagal !

1. Koichiro Honda

Siapa sih yang gak kenal dengan Honda? Soichiro Honda pada awalnya hanya menjadi pengasuh bayi dari direktur bengkel. Bisnis multi-milyar dolar yang dibangun Honda pun dimulai dengan runtutan kegagalan. Honda pernah ditolak oleh Toyota Motor Corporation untuk sebuah wawancara lamaran kerja posisi ahli mesin yang membuatnya menjadi penggangguran cukup lama. Honda mulai membuat sebuah scooter di rumahnya sendiri dimana ia mulai mendapat dukungan para tetangganya hingga akhirnya memulai bisnisnya sendiri.

2. Walt Disney


Walt Disney melalui banyak kegagalan sebelum akhirnya bangkit dan sukses seperti sekarang. Perusahaan animasi pertamanya bangkrut. Dia kemudian dipecat oleh editor beritanya karena dianggap kurang kreatif. Walt Disney bahkan sempat ditolak sebanyak 302 kali, sebelum akhirnya dia mendapatkan dana untuk menciptakan Disney World.
Untuk maju dalam suatu bidang keahlian khusus, orang harus masuk ke dalamnya apa pun pengorbanannya. Disney segera menyadari betapa sulitnya masuk ke studio-studio film Hollywood. Banyak orang lain sebelum dia telah melamar kerja, tetapi ditolak. Walt Disney tidak menjadi patah semangat karenanya. Kalau ada orang lain yang berhasil masuk, mengapa ia tidak? Di matanya, ada dua macam orang: Mereka yang merasa kalah dan terlantar bila mereka tak dapat menemukan pekerjaan dan mereka yang dapat mencari penghasilan dengan cara apa pun dalam masa sulit. Disney selalu berusaha keras agar termasuk dalam golongan kedua.

 

3. Akio Morita

Mungkin tidak terlalu banyak orang kenal dengan pelaku bisnis sukses yang satu ini. Namun jika disebut nama perusahaannya pasti banyak dari Anda sudah mengetahuinya dengan baik. Akio Morita adalah pendiri Sony. Produk pertama Sony adalah sebuah rice cooker dimana alat penanak nasi ini gagal menghasilkan nasi namun membuat beras menjadi gosong. Produk pertama itu hanya laku sebanyak 100 unit. Kegagalan atas produk pertama itu tidak membuat Morita mundur dan terus memproduksi barang elektronik hingga akhirnya Sony terkenal dengan berbagai produknya.


4. J.K Rowling

JK Rowling, penulis salah satu buku fiksi terlaris di dunia, Harry Potter, senang berbagi kisah tentang kegagalannya. Percaya atau tidak, naskah Harry Potter yang ditulisnya pernah ditolak oleh dua belas penerbit. Setahun kemudian, dia diberi lampu hijau oleh Barry Cunningham dari Bloomsbury, yang setuju untuk menerbitkan buku-bukunya. Bagaimana jika Rowling memutuskan untuk berhenti berjuang setelah ditolak sekali? Dua kali? atau bahkan dua belas kali? Kita mungkin tidak akan mengenal siapa itu Harry Potter.

5. James Cameron

Penggemar film mana yang tak kenal yang satu ini. Yup..James Cameron, sutradara kelahiran Kanada ini selalu berhasil membuat filmnya “meledak” di pasar dunia. Film-filmnya sangat luar biasa dan masuk dalam jajaran terbaik yang pernah ada. Sebut saja Titanic (1997) dan Avatar (2009). Mungkin banyak yang mengira kalau James Cameron adalah seorang yang kuliah di jurusan teknloggi film. Namun ia kuliah justru di jurusan psikologi. Ia kuliah di Fullerton College jurusan psikologi. Namun ia justru lebih banyak ke perpustakaan di University Of Southern California. Jelas ia membaca lebih banyak tentang ilmu untuk industri film. Namun, James tidak langsung terjun ke dunia film. Ia lebih dulu di drop out dari universitasnya, lalu ia kerja serabutan. Bahkan pernah juga jadi supir truk. Lama kelamaan mintanya muncul untuk terjun ke dunia film. Tahun 1977 ia terpanggil untuk membuat film fiksi ilmiah. Dalam 10 menit
ia berhasil menulis naskah film berjudul Xenogenesis. Untuk membuat film itu ia mengumpulkan uang, lalu menyewa kamera, lensa dan studio. Karena baru pertama kali menggunakan alat-alat itu, ia masih belum mampu menggunakannya. Setelah belajar secara otodidak dan terus menerus akhirnya tahun 1978 film dengan durasi 12 menit itu jadi. Ia berniat meningkatkan ilmu filmnya, namun ia tidak kuliah di jurusan film. Ia langsung belajar pada ahlinya dan segera mempratekannya. Hasil belajar otodidaknya bisa kita lihat sekarang. Film seperti Rambo, Avatar, Titanic, Piranha adalah sederet film hasil karya James Cameron.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *