Belajar Memahami Konsep Frame Advantage dalam Game Fighting

Street-Fighter-V-Screenshot-1-1

Serupa bersama rubrik Dota 2 mingguan yg sewaktu ini telah terbit, terhadap kolom ini aku bakal menggandeng anda membahas berkenaan hal menarik kurang lebih game fighting.

Topik yg kita bahas sanggup bermacam-macam. Sejak Mulai dari pedoman game fighting, profil pemain profesional, atau hal secara acak yang lain dapat anda dapatkan rubrik ini. Bila anda punyai topik tertentu kurang lebih game fighting yg mau diangkat, jangan sampai sungkan utk request di kolom komentar! Kelak bakal aku usahakan menciptakan artikelnya.

Terhadap artikel mula-mula ini aku bakal membahas elemen yg kedengarannya kompleks padahal sebetulnya tak, ialah frame advantage. Apabila anda sempat mendengar istilah ini namun tak tahu ini apa atau tak tahu apa efeknya, semoga artikel ini dapat menolong.

Mengenal Frame
Sebelum membahas frame advantage, ada baiknya kita mendalami dahulu apa itu frame. Dengan Cara sederhana, frame yakni gambar atau kumpulan gambar yg menempa suatu animasi. Video game kebanyakan ditampilkan bersama kecepatan animasi 60 frame per detik. Artinya apabila suatu aktivitas punyai animasi jumlahnya 30 frame, kegiatan itu bakal terjadi tatkala 0,5 detik.

Lunar Legend | Alex Sprites
Kumpulan gambar/frame yg mencetak animasi di Lunar Legend. Sumber : The Spriters Resource.

Anda sanggup menemukan data animasi (frame data) utk game fighting terkenal di bermacam forum atau wiki. Utk artikel ini aku bakal memanfaatkan frame data Nash di Street Fighter V juga sebagai sampel, sebab belakangan ini aku sedang menyukai main-main Street Fighter V.

Di bawah ini yaitu sebahagian frame data Nash yg dapat anda saksikan di web shoryuken. Aku bakal membahas mengenai empat aktivitas di sini, adalah standing light punch (st.LP), standing heavy punch (st.Handphone), Dragon Suplex (bantingan), & Moonsault Slash high kick (MS.HK).

Street Fighter V | Nash Frame Data
Sebahagian frame data Nash di Street Fighter V.

Mendalami Frame Data – Safe on Block versus Unsafe on Block
Disaat perdana kali menonton tabel frame data kemungkinan anda dapat agak bingung. Apa arti tabel angka ini? Apa pengaruhnya dalam pertarungan? Dengan Cara Apa angka-angka ini mampu menopang aku? Bisa Saja pertanyaan-pertanyaan ini dapat muncul di kepalamu.

Sebetulnya frame data bukanlah perihal yg demikian rumit, & apabila anda telah mengerti sehingga frame data bakal amat membantumu menyusun strategi bertarung. Sbg permulaan, anda pass memperhatikan dua angka saja di tabel tersebut. Angka mula-mula merupakan startup frame, & angka ke-2 adalah frame advantage on guard (kita singkat AOG).

Standing high punch yg tidak sukses, mimpi tidak baik para pemain Nash.

Startup frame memastikan berapa lama disaat yg dibutuhkan buat melancarkan serangan. Dalam tabel dapat anda perhatikan bahwa st.LP mempunyai angka startup empat frame, sementara st.Telephone Seluler mempunyai startup sejumlah tujuh frame. Jikalau dua orang Nash bertarung & menyerang bersamaan, Nash yg jalankan st.LP bakal sukses menyerang lebih lalu dibanding Nash yg jalankan st.Mobile Phone.

Angka ke-2 yg butuh dipahami merupakan frame advantage on guard. Ini utama utk mengetahui mana serangan yg aman dilakukan & mana yg tidak aman. Tonton bahwa st.Handphone mempunyai angka AOG -5. Artinya, apabila anda jalankan st.Mobile Phone & seranganmu ditangkis musuh, dapat ada jeda tatkala lima frame di mana anda tak mampu melaksanakan apa serta, termasuk juga bersi kukuh.

Shinkuu Hadouken yakni serangan balik yg serentak & mematikan!

Jeda selagi lima frame ini menciptakan musuhmu bebas membalas seranganmu bersama seluruhnya serangan yg miliki startup lima frame atau kurang. Ini yakni perihal yg amat mengerikan! Sample saja, jika anda melawan Ryu, jeda lima frame mampu dirinya pakai utk tidak sedikit aspek. Sejak Mulai dari bantingan, Shoryuken, hingga menyerang bersama medium punch buat mengawali combo.

Bayangkan jika musuhmu mempunyai V-Gauge atau EX Gauge yg penuh. Satu kali seranganmu ditangkis, anda dapat dibalas dgn serangan-serangan dahsyat seperti Shinkuu Hadouken. Serangan bersama nilai AOG minus seperti ini dinamakan juga sebagai serangan yg unsafe on block (tak aman kalau ditangkis). Sebaliknya, serangan bersama AOG positif dinamakan sbg serangan yg safe on block.

Bila anda memakai serangan yg safe on block, Shinkuu Hadouken tentu sanggup anda tahan.

Mendalami mana serangan yg safe & unsafe yakni langkah awal utk menyusun strategi bertarung yg efektif. Jikalau anda memanfaatkan serangan yg safe, anda mampu konsisten menekan musuh meskipun seranganmu sukses ditangkis. Andai musuh coba menyerang balik serta anda masihlah pernah bersi kukuh, menjadi serangan musuh dapat lebih susah masuk.

Memakai Frame Advantage utk Menekan Lawan
Apakah kita mesti menghapalkan seluruhnya nilai AOG dalam tabel frame data? Tak serta. Yg mutlak kita tahu, serangan yg kita laksanakan itu safe atau unsafe. Langkah berikutnya yaitu mendesign skenario utk memastikan apa yg mesti kita jalankan jikalau serangan tersebut sukses, & apa yg mesti kita melaksanakan apabila tidak sukses

Silakan ambil sample serangan Moonsault Slash high kick (MS.HK) milik Nash. Berikut ini sampel skenario yg barangkali berjalan apabila serangan ini sukses ditangkis oleh Ryu :

MS.HK ditangkis, AOG tiga frame.
Ryu coba membalas bersama st.LP.
Kepada disaat yg bersamaan, Nash menyerang dgn st.LP pula.
Serangan st.LP milik Ryu mempunyai startup tiga frame, namun ditambah AOG jadi enam frame.
Serangan st.LP milik Nash mempunyai startup empat frame.
Serangan Nash sukses, serangan Ryu tidak sukses.
Ini ialah sampel skenario yg memakai frame advantage buat memberikan tekanan kepada musuh. Dalam kondisi normal selayaknya serangan Ryu sukses, namun sebab ada AOG, serangan Nash menjadi lebih langsung daripada Ryu. Sbg alternatif, Nash pula mampu pilih buat bersi kukuh. Dgn jeda tiga frame, apa juga yg dilakukan oleh Ryu tentu tidak ingin sukses, kecuali bantingan yg benar-benar tak sanggup ditangkis.

Jikalau Ryu telah mengetahui bahwa serangan Moonsault Slash mempunyai frame advantage, dirinya kemungkinan dapat pilih buat berkukuh & tak cobalah membalas. Apabila ini berjalan, Nash sanggup lakukan variasi serangan, contohnya ubah st.LP dgn bantingan.

Pasti saja strategi ini bukan tidak dengan cela. Dikala Nash menyerang dgn st.LP, bisa jadi Ryu malah jalankan serangan Shoryuken. Berlainan bersama pukulan biasa, Shoryuken miliki sifat kusus adalah invulnerability frame. Artinya, disaat melaksanakan Shoryuken, Ryu kebal pada serangan musuh.

Seandainya aspek ini berjalan, serangan Nash dapat tidak sukses & serangan Shoryuken bakal sukses. Di sinilah anda mesti pandai-pandai membaca tradisi lawan. Jika lawanmu tidak jarang melaksanakan Shoryuken, ada baiknya anda tak terlampaui agresif meskipun miliki frame advantage.
Berlatih, Berlatih, & Berlatih Lagi
Walau anda telah membuat desain bermacam macam skenario & strategi, tidak ada gunanya jikalau anda tak dapat menggunakannya dgn tidak tersendat dalam pertarungan. Buat itulah kita mesti tidak jarang berlatih. Bersama tidak jarang berlatih, skenario yg telah kita hapalkan dapat sanggup kita eksekusi dengan cara sempurna.

Menyaksikan video kompetisi pula factor yg keren buat menolong kita mendesain skenario. mungkin saja ada strategi yg tak terpikirkan oleh kita, namun nyatanya diperlukan oleh pemain profesional. Taktik-taktik tersebut mampu kita tiru.

Tidak Cuma berlatih & melihat, faktor yg bakal amat sangat menunjang kita tentunya yakni bertarung dgn pemain lain. Bersama melawan bermacam-macam pemain, kita bakal menyaksikan beraneka macam taktik & tradisi orang. Bersama menghadapi bermacam taktik, kita bakal dituntut utk beradaptasi, & kepada hasilnya menciptakan taktik yg lebih baik.

Nah, itulah kira-kira basic pemahaman & pemanfaatan frame advantage dalam game fighting. Terhadap awalnya bisa saja terkesan rumit, namun percayalah, bersama sedikit latihan sehingga perihal ini bakal dapat membuatmu menjadi petarung yg lebih baik.

 

Bandar Bola Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *