Potensi Pasar Game Cina Lebih Besar Dibandingkan Amerika Serikat dan Jepang

Newzoo-Report-Top-20-Countries-Game-Revenue-Screenshot

Perusahaan analisis pasar game & esport dunia, Newzoo, launcing satu buah laporan yg memberikan gambaran berkenaan demografi pula potensi pasar game global buat 2016. Beraneka insight menarik diungkap dalam laporan tersebut, salah satunya yakni macam mana Cina diprediksi dapat menyalip Amerika Serikat juga sebagai pasar game paling besar dunia th ini.

Dgn jumlah warga mencapai miliaran orang, Cina yaitu negeri berpopulasi paling besar di dunia. Tak mengherankan seandainya potensi pasar game di Cina diperkirakan dapat mencapai US$24,4 miliar (lebih kurang Rp327 triliun) terhadap 2016.

Asia yang merupakan pasar mutlak industri game

Melesatnya Cina juga sebagai negeri bersama pasar game paling besar di dunia mengukuhkan posisi region Asia Pasifik yang merupakan pendorong penting perkembangan industri game dengan cara total. Perkembangan region ini amat sangat pesat sampai menyumbang 58 prosen dari keseluruhan pertumbuhan industri game dunia. Bahkan, tiga dari lima negeri bersama nilai pasar game paling besar di dunia berasal dari Asia, merupakan Cina, Jepang, & Korea Selatan.

Laporan ini searah bersama data yg dibagikan App Annie berkenaan pasar game mobile Asia thn 2015

Indonesia sendiri menempati urutan ke-17 dgn nilai pasar diperkirakan mencapai US$704,4 juta (kira kira Rp9,5 triliun). Nilai pasar ini lebih gede di bandingkan negeri tetangga Malaysia & Thailand yg masing-masing menempati urutan ke-18 & 20. Tak heran seandainya makin tidak sedikit perusahaan game global yg sejak mulai melirik Asia Tenggara sbg pasar yg potensial.

Platform mobile diperkirakan jadi yg paling besar

Tidak Hanya share insight menyangkut pasar game per region, Newzoo pun memberikan berita berkaitan segmentasi pangsa pasar game berdasarkan platform. Dari beraneka ragam platform yg ada buat main game, platform mobile diprediksi membuahkan bayaran paling besar mencapai US$36,9 miliar (seputar Rp495 triliun) atau setara dgn 37 % dari keseluruhan pasar game global 2016. Potensi yg dipunyai platform ini lebih agung dibanding platform console & Computer yg masing-masing menempati urutan ke-2 & ke3 sesudah mobile.

Pertumbuhan segmen game kompetitif terhadap platform mobile pun jadi salah satu highlight yg disebutkan dalam laporan Newzoo. Langkah Nomor Wahid Evil Megacorp yg mengajak ESL buat menyelenggarakan kejuaraan esport Vainglory, atau Supercell yg terhadap April dulu mengadakan kejuaraan Clash Royale, dianggap juga sebagai titik tolak pertumbuhan esport di platform mobile.

Kemudahan akses melalui piranti mobile masing-masing pun kemunculan bermacam platform utk menyiarkan permainan kepada piranti mobile seperti kepada YouTube, Kamcord, pun Mobcrush adalah sekian banyak argumen yg turut mendorong berkembangnya mobile esport.

 

Bandar Bola Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *